23 Juni 2009

Keutamaan Bulan Ramadhan

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh kaum muslimin yang rindu untuk meningkatkan kembali nilai-nilai keimanannya yang selama sebelas bulan yang lalu senantiasa mengalami penyusutan akibat bertumpuknya dosa-dosa. Memang ! keimanan menurut ajaran aqidah ahlus sunnah wal jama'ah, senantiasa mengalami pasang surut. Keimanan itu bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Degradasi keimanan terjadi pula akibat banyaknya kelalaian yang dilakukan oleh setiap pribadi muslim, lalai dari melakukan berbagai bentuk kebaikan dan tenggelam dalam berbagai bentuk kemaksiatan.

Bulan Ramadhan ibarat gadis cantik atau pria tampan idaman hati, tidak saja memiliki paras nan elok rupa tetapi juga berbudi pekerti luhur, selalu dinanti-nanti dan diidam-idamkan oleh setiap orang.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keutamaan yang dapat diraih oleh setiap orang beriman yang bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Adapun diantara keutamaan bulan Ramadhan adalah sebagai berikut :

1. Bulan Pengampunan

Ramadhan adalan bulan pengampunan dari segala bentuk dosa-dosa kecil yang banyak menggelincirkan manusia. Oleh karena itu dalam bulan ini perbanyaklah istigfar dan taubat, semoga Allah I mengampuni dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda :

"Shalat lima waktu dan jum'at kejum'at berikutnya serta Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya selama menjauhi dosa-dosa besar." ( HR. Muslim )

"Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan perhitungan ( mengharap ridha Allah ) niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." ( HR. Bukhari-Muslim )

Adapun terhadap dosa-dosa besar, maka hanya taubat nashuha yang dapat menghapusnya.

2. Turunnya Lailatul Qadar

Setiap orang beriman tentu telah mengetahui bahwasanya Lailatul Qadar akan datang khusus pada bulan Ramadhan saja dengan membawa sejumlah keutamaan. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. ( Al-Qadr : 1-5 )

Pada ayat di atas, Allah I menjelaskan beberapa keutamaan malam laitul qadr, yaitu :

1. Allah I menurunkan Al-Qur'an pada malam tersebut

2. Malam lailatul qadr lebih baik dari seribu bulan ( 83 tahun + 4 bulan )

3. Pada malam tersebut para malaikat beserta jibril turun ke bumi untuk mengatur segala urusan

4. Kesejahteraan akan meliputi malam tersebut hingga terbit pajar

Pada ayat yang lain Allah berfirman :

Sesungguhnya Kami menurunkannya ( Al-Qur'an ) pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. ( Ad-Dukhaan : 3 )

Malam yang diberkahi oleh Allah I pada ayat di atas adalah malam lailatul qadr.

3. Bulan Al-Qur'an

Bulan Ramadhan sering juga disebut dengan Syahrul Qur'an atau bulan Al-Qur'an karena Allah I menurunkan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan. Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam dan juga sebagai patunjuk bagi seluruh umat manusia. Allah berfirman :

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). ( Al-Baqarah : 185 )

4. Pintu-pintu Sorga dibuka, Pintu-pintu Neraka

ditutup dan Syaithan-Syaithan dibeleggu

Atas izin Allah I kejahatan pada bulan Ramadhan menurun drastis, hal tersebut terjadi karena kaum muslimin di seluruh dunia secara serentak melaksanakan ibadah puasa yang merupakan pengekang hawa nafsu. Mereka berlomba-lomba melaksanakan berbagai jenis ibadah demi meraih pahala yang berlipat-lipat ganda. Hal tersebut dengan demikian secara tidak langsung mempersempit pergerakan syaithan dalam upayanya menggoda dan menyesatkan manusia. Kaum muslimin dapat lebih leluasa menjalankan berbagai bentuk ketaatan karena pada bulan Ramadhan Allah I membelenggu syaithan-syaithan, membuka pintu-pintu sorga dan menutup pintu-pintu neraka. Rasulullah SAW bersabda :

Jika bulan Ramadhan tiba maka pintu-pintu Surga dibuka sedangkan pintu-pintu neraka ditutup dan syaithan dibelenggu ( HR. Bukhari-Muslim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar