25 Juni 2009

Keutamaan Puasa

KEUTAMAAN PUASA

Puasa secara bahasa berarti menahan diri. Sedangkan menurut syariat, puasa adalah menahan diri dari makanan, minuman, hubungan suami istri serta segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat ibadah.
Puasa Ramadhan hukumnya wajib berdasarkan dalil Al-Qur’an, sunnah dan ijma’ kaum muslimin.
Perintah yang mewajibkan puasa pada bulan Ramadhan turun pada hari senin bulan Sya'ban tahun II hijriah dengan berbagai kekhususan bila dibandingkan dengan puasa umat-umat terdahulu.
Allah  berfirman :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ( Al-baqarah : 183 )

Ibnu Abbas, Mu'adz dan lain-lain berkata : pada awalnya kaum muslimin berpuasa tiga hari setiap bulan sebagaimana yang dilakukan oleh umat-umat terdahulu, dan Ad-Dahhaq menambahkan bahwasanya syariat ini berlaku sejak zaman Nabi Nuh  hingga Allah  menghapusnya dengan syariat puasa pada bulan Ramadhan.
Dalam tafsirnya Imam Al-Qurthubiy mengutip pendapat Asy-Sya'biy, Qatadah dan lainnya bahwasanya mereka mengatakan, persamaan puasa kaum muslimin dengan ummat terdahulu dalam hal waktu puasa dan kadar ( lama ) puasa. Allah  mewajibkan atas umat Nabi Isa dan Nabi Musa puasa Ramadhan tetapi mereka merubahnya. Rahib-rahib mereka menambahnya sepuluh hari. Kemudian tatkala salah seorang rahib mereka sakit dia bernadzar, jika Allah  menyembuhkannya maka dia akan menambah sepuluh hari lagi hingga akhirnya jumlah hari puasa orang Nashrani sebanyak 50 hari, lalu akhirnya mereka susah melaksanakannya pada musim panas, kemudian mereka menggantinya ke musim dingin.
Puasa memiliki banyak sekali keutamaan diantaranya :
1. Puasa sebagai perisai
Rasulullah  bersabda :
الصيام جنة من النار كجنة أحدكم من القتال
"Puasa adalah perisai dari neraka bagaikan perisai salah seorang diantara kalian untuk berperang." ( HR. Ahmad )

Puasa dapat mengekang nafsu syahwat dan mempersempit jalan syaithan untuk menggoda manusia kerena syahwat adalah salah satu kendaraan syaithan yang paling potensial dalam menyesatkan mereka. Oleh karena itu Rasulullah  berpesan kepada para pemuda :
"Wahai sekalian anak muda, barang siapa diantara kalian mampu, maka hendaklah dia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih kuat memelihara kemaluan. Dan barang siapa yang tidak sanggup maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa dapat menjadi perisai baginya." ( HR. Bukhari-Muslim )
Puasa merupakan upaya memenangkan aspek ruhaniyah atas aspek jasadiah, karena dengan berpuasa kekuatan jiwa dan mental seseorang semakin terasah dan bertambah kokoh. Puasa juga dapat membantu memelihara kesehatan mental dan fisik seseorang sebagaimana yang banyak diutarakan oleh pakar dalam bidang kesehatan.
2. Do'a orang yang berpuasa segera terkabul
Rasulullah  bersabda :
إن للصائم عند فطره دعوة لا ترد
"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa itu pada saat dia berbuka mempunyai do'a yang tidak ditolak." ( HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim )

Do'a adalah senjata orang yang beriman. Oleh karena itu perbanyaklah berdo'a dalam bulan Ramadhan ini khususnya pada saat menjelang buka puasa niscaya Allah  akan mengabulkannya. Allah  berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". ( Al-Mu'min : 60 )
3. Pintu surga Ar-Rayyan khusus buat orang yang berpuasa
Rasulullah  bersabda :
إن في الجنة بابا يقال له الريان, يدخل منه الصائمون يوم القيامة, لا يدخل منه أحد غيرهم, يقال : أين الصائمون, فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم, فإذا دخلوا أغلق, فلم يدخل منه أحد.
"Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan, melalui pintu itu orang yang berpuasa akan masuk ( surga ) pada hari kiyamat dan tak seorang pun selain mereka akan masuk melalui pintu tersebut. Ditanyakan : dimanakah orang-orang yang berpuasa ?lalu mereka berdiri ( dan masuk ) tanpa seorangpuin selain mereka. Jika orang-orang yang berpuasa telah masuk, pintu tersebut ditutup sehingga tak ada seorang pun selain mereka yang bisa masuk melaluinya." ( HR. Bukhari-Muslim )
Ini merupakan keagungan puasa dimana Allah  membuat sebuah pintu khusus bagi orang yang melaksanakannya dan tidak akan pernah dimasuki oleh orang selain mereka sebanyak atau sebesar apapun ibadahnya kecuali jika dia juga berpuasa.
Surga adalah idaman seluruh manusia, baik yang rajin melaksanakan perintah Allah  maupun mereka yang gemar bermaksiat. Oleh karena itu berpuasalah dengan ikhlas niscaya Allah  akan mempersilahkan anda untuk memasuki pintu Ar-Rayyan pada hari kiamat.
4. Pahala orang yang berpuasa tanpa batas
Allah  berfirman dalam hadits qudsi :
كل عمل ابن آدم له إلا الصيام, فإنه لي وأنا أجزي به
"Setiap amal anak Adam adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa, dimana puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahala atasnya." ( HR. Bukhari-Muslim )

Amal-amal anak cucu Adam selain puasa akan diganjar oleh Allah  dengan jumlah tertentu kecuali amalan ibadah puasa, karena Allah  telah menyandarkan pemberian pahala orang yang berpuasa langsung kepada diri-Nya. Hal ini menunjukkan bahwasanya pahala puasa tersebut tanpa batas dan hanya Allah  yang tahu berapa jumlahnya.
5. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah 
dari minyak kesturi
Minyak kesturi adalah jenis minyak wangi dengan aroma terbaik dan terharum, disediakan Allah bagi orang yang berpuasa sebagai pengganti dari akses yang ditimbulkannya yaitu munculnya bau yang tidak sedap pada saat mereka menjalankan ibadah puasa. Orang yang berpuasa layak mendapatkan ganjarana tersebut karena bau mulut mereka muncul akibat ketaatan menjalankan perintah Allah .
Rasulullah SAW bersabda :
... لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك ...
…Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disi Allah dari pada bau minyak kesturi… ( HR. Bukhari-Muslim )
6. Orang yang berpuasa memiliki Dua Kegembiraan
Derajat kegembiraan orang yang berpuasa berada di atas segala bentuk kegembiraan yang pernah kita rasakan. Hal tersebut terjadi karena kegembiraan tersebut disebutkan langsung oleh Allah .
Dalam hadits qudsi disebutkan :
... للصائم فرحتان يفرحهما : إذا أفتر فرح, وإذا لقي ربه فرح بصومه ...
…Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan : Jika berbuka, dia sangat gembira dan jika bertemu dengan Rabbnya dia juga bergembira dengan puasanya ( HR Bukhari – Muslim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar